Visi Misi

ARGOSARI 01 April 2013 14:14:06 WIB

Visi dan Misi Pemerintah Desa Argosari

1.      Visi

Visi Desa Argosari, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul untuk enam tahun mendatang (2017-2022) adalah Argosari Adem Mapan Setara.

Visi tersebut mengandung pengertian bahwa Desa Argosari berkeinginan mewujudkan kehidupan yang akan datang adalah Argosari yang Agamis, Demokratis, Mandiri, Pandai Sehat dan Sejahtera.

Makna dari masing-masing kata yang terdapat dalam visi tersebut adalah sebagai berikutya

Agamis bahwa kehidupan masyarakat Argosari senantiasa berlandaskan pada nilai-nilai religi dan berbudi pekerti yang luhur yang dianut dan di implementasikan dalam kehidupan sosial sehari hari.

 

Demokratis dalam arti masyarakat Desa Argosari bebas mengeluarkan pendapat dan mampu menerima pendapat orang lain walaupun berbeda pendapatnya. Namun apabila sudah menjadi keputusan akan dilaksanakan secara bersama sepenuh hati dengan rasa penuh tanggung jawab.

 

Mandiri dalam arti masyarakat Argosari mampu mengeluarkan semua potensi Desa yang ada baik sumber daya alam maupun sumber daya manusianya untuk memberikan andil dalam membangun daerahnya tanpa harus bergantung kepada fihak lain. Dalam arti warga Argosari dari berbagai profesi membangun sesuai bidangnya masing masing.

 

Pandai dalam arti bahwa cepat tanggap dan dapat membaca situasi dan kondisi yang berkembang, tidak tertinggal dengan masyarakat lain dalam segala hal serta mampu mengaplikasikan kemampuannya untuk kemajuan desanya, serta tidak gagap IPTEK. Mampu menyeimbangkan kelangsungan hidup baik kehidupan duniawi maupun kehidupan ukhrowi, sehingga ada pengendalian diri dalam mengisi dan menjalani hidup bermasyarakat. 

Sehat dalam arti bahwa tertibnya lingkungan hidup akan mampu menjamin kesehatan jasmani dan rohani seluruh warga masyarakat argosari / penduduk Argosari.   

 

Sejahtera dalam setiap langkah dalam berupaya menjalani kehidupan, dengan berbagai cara dan agenda, hal yang disasar adalah menuju kesejahteraan lahir dan batin baik individu maupun masyarakat keseluruhan. Sehingga kebutuhan dasar dari masyarakat Argosari dapat terpenuhi secara lahir dan batinnya.

 

 

 

 

 2.      Misi

Misi merupakan pernyataan tentang tujuan operasional pemerintah desa yang diwujudkan dalam kegiatan ataupun pelayanan dan merupakan penjabaran dari visi yang telah ditetapkan.

Pernyataan visi merupakan cerminan tentang segala sesuatu yang akan dilaksanakan untuk mencapai gambaran kedepan yang diinginkan.

Misi Desa Argosari dalam RPJMDes Tahun 2017-2022 adalah sebagai berikut :

  1. Mewujudkan masyarakat Desa Argosari yang ber-Ketuhanan Yang Maha Esa..
  2. Mewujudkan kehidupan masyarakat Desa Argosari yang berakhlak mulia.
  3. Mewujudkan demokratisasi dalam aspek kehidupan, menghormati hak asasi manusia serta supremasi hukum.
  4. Mengembangkan sumber daya manusia agar pandai, profesional, berdaya guna untuk membangun serta mengolah potensi Desa Argosari.
  5. Memberdayakan sumber daya alam untuk dapat diambil manfaatnya tanpa merusak lingkunga.
  6. Mewujudkan kesejahteraan lahir dan batin, dengan prioritas peningkatan kecerdasan dan derajat kesehatan masyarakat, dan percepatan produksi dan produktifitas sumber daya yang ada yang didasarkan kepada keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  7. Membina hubungan baik dan kerja sama antar berbagai lembaga Desa, instansi dari luar maupun dari dalam negeri untuk mewujudkan program yang telah direncanakan.
  8. Menyelenggarakan pemerintahan yanag baik dan bertanggung jawab.

 3.      Nilai-nilai

Untuk mencapai misi Desa Argosari yang Adem Mapan Setara, maka nilai-nilai  yang harus dijunjung tinggi adalah partisipatif, transparan, demokratis, efisien dan efektif serta berbudaya.

 

 a.      Partisipatif (keterlibatan)

Setiap anggota masyarakat Argosari mempunyai hak untuk berpartisipasi dalam konteks pembangunan dengan prinsip dari, oleh dan untuk masyarakat. Oleh karenanya setiap proses pembangunan masyarakat harus dilibatkan mulai dari perencanaan, pelaksanaan pengawasan sampai pada pemeliharaan.

 b.      Transparan (keterbukaan)

Adanya sifat keterbukaan pemerintah Desa Argosari dengan batas-batas kewajaran dalam rangka meningkatkan kepercayaan masyarakat.

 c.       Demokratis

Masyarakat diberi kebebasan dalam mengemukakan pendapat  dan menerima pendapat orang lain.

 d.      Efektif dan Efisien

Mengedepankan hasil yang optimal dengan pengorbanan yang relatif sedikit (biaya maupun waktu) sehingga berhasil guna dan berdaya guna

e.       Berbudaya

Setiap gerak langkah pembangunan selaras dengan adat istiadat dan budaya yang berkembang di masyarakat, dengan demikian pelaksanaan pemerintahan desa senantiasa menjunjung tinggi budaya dan budi pekerti yang luhur.

 f.       Akuntabel 

Kewajiban untuk memberikan pertanggungjawaban untuk menjawab dan menerangkan kinerja kepada pihak yang mempunyai hak dan kewenangan untuk meminta keterangan ataupun pertanggungjawaban.

 g.      Pelayanan Prima

Pelayanan masyarakat merupakan hal yang utama untuk diperhatikan. Dalam hal ini kepuasan warga Desa merupakan faktor penentu keberhasilan bagi pemerintah Desa Argosari. Untuk itu pola pelayanan yang perlu diselenggarakan harus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

 

Papan IKLAN

Produk Lokal Argosari

soundtrack

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License