PEMBANGUNAN BANGKET DUSUN GUNUNG MOJO

06 Desember 2019 13:21:48 WIB

Argosari

Program pembangunan infrastruktur Desa Argosari salah satunya yaitu pembangunan bangket di Pedukuhan Gunung Mojo. Realisasi pembangunan telah mencapai 95% dalam pengerjaan hampir satu bulan terhitung sejak pertengahan November 2019, Selasa 3 Desember 2019. Pembangunan bangket dikepalai oleh Bp. Tugiyat selaku kepala tukang dan Bp. Purwanto selaku mandor. 

Pedukuhan Gunung Mojo adalah salah satu pedukuhan dalam wilayah kerja Desa Argosari, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pedukuhan Gunung Mojo terletak di sebelah timur dari pusat desa dengan luas wilayah 53.43 ha.

Dari pengamatan masih ada beberapa ruas jalan yang masih berupa tanah dan belum diperkeras, beberapa sudah mendapat pengerasan jalan namun belum di "bangket". Menurut kepala dukuh setempat tahun lalu sudah dilakukan pengerasan jalan dengan menggunakan anggaran desa tahun 2018. Lalu untuk tahun ini pembangketan jalan menggunakan anggaran desa tahun 2019.

Pembangketan jalan dusun sepanjang ±300 m ini sangat besar manfaatnya yang dirasakan oleh warga, sejalan dengan penuturan Kepala Dukuh Gunung Mojo Bapak Purwanto, "Alhamdulillah pembangketan jalan ini sangat terasa manfaatnya dan jalan menjadi lebih nyaman dan aman untuk dilalui".

Adapun dampak positif lainnya yang dirasakan warga yaitu kegiatan ini membawa berkah tersendiri bagi warga Dukuh Gunung Mojo, karena pembangunan bangket melibatkan warga setempat secara langsung. Berikut penuturan salah seorang tukang, "Biasanya saya ikut proyek pembangunan di luar dusun bahkan sampai luar kota, kali ini saya cukup bersyukur karena saya mendapat proyek tidak jauh-jauh".

Selain itu, pembangunan bangket juga dapat mempererat ikatan tali silaturahmi antar warga Pedukuhan Gunung Mojo dan membangkitkan jiwa sosial kegotongroyongan. Partisipasi warga tidak hanya ditunjukkan dengan ikut adil dalam pembangunan saja tetapi juga terlibat dalam menyediakan konsumsi bagi pekerja dengan menyediakan makanan dan minuman secara sukarela.

Warga sangat berharap kegiatan pembangunan infrastruktur Desa Argosari akan terus perkembang hingga merambah ke Pedukuhan lainnya agar dapat dirasakan manfaatnya oleh warga Desa Argosari. (dfs)

Komentar atas PEMBANGUNAN BANGKET DUSUN GUNUNG MOJO

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Papan IKLAN

Produk Lokal Argosari

soundtrack

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License