LOUNCHING GISA (GERAKAN SADAR ADMINDUK) KABUPATEN BANTUL

ARGOSARI 03 April 2018 22:49:05 WIB

info argosari, 03/04/2018. Selasa 03 April 2018 bertempat di Aula II Pemda Kabupaten Bantul dilaksanakan Launching GISA (Gerakan Indonesia Sadar Adminduk). Launching GISA secara resmi dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan , Drs. Helmi Jamharis, MM. 

Launching GISA dilaksanakan dalam acara Sosialisasi Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih dan Penyusunan Daftar Pemilih bagi penyelenggara dan stakeholder di Kabupaten Bantul dalam rangka menghadapi Pemilu Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh KPU Bantul.

 

Pada acara tersebut diundang beberapa OPD, Ketua-ketua Parpol, Panwas Pemilu, Camat dan Lurah se Kabupaten Bantul. Penyelengaraan Pemilu tidak bisa lepas dari Data Kependudukan, sedangkan data kependudukan yang dipergunakan untuk penegakan demokrasi yaitu Data Kependudukan yang telah dikonsolidasi oleh Kemendagri, dalam hal ini disebut DP4 (Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu).

Sementara Data Kependudukan yang akurat tidak terlepas dari perilaku penduduknya sendiri untuk selalu aktif dan tertib dalam memutakhirkan perubahan elemen datanya sendiri.

Momentum Sosialisasi Pemutakhiran data Pemilih Pemilu sebagai salah satu tahapan penyelenggaraan Pemilu itulah dipilih oleh Kabupaten Bantul dalam melaksanakan Launching GISA untuk Kabupaten Bantul.

Dalam sambutan yang disampaikan pada acara sosialisasi tersebut, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul, Bambang Purwadi Nugroho, SH,MH menjelaskan tentang GISA yang telah dicanangkan oleh Mendagri pada Rakornas Dukcapil pada bulan Februari yang lalu di Batam. Pada kesempatan tersebut disebutkan 17 Desa di wilayah Kabupaten Bantul di 17 kecamatan. Di samping itu disampaikan pula beberapa kebijakan Pemeda Bantul untuk mendukung dan mendorong pelaksanaan GISA yang dilaksanakan dalam bentuk inovasi di bidang Adminduk. Inovasi yang terbaru yang dilaksanakan, antara lain:

1. Aksi Simpati (Akta Kematian Sehari Jadi)

Inovasi untuk pelayanan Akta Kematian dengan sarana komunikasi wa yng dilaporkan secara berjenjang oleh Ketua RT/Dukuh ke petugas Registrasi Desa.

2. Moro Lega (Mobil Opersional Layanan Adminduk Efektif sekaligus Akurat)

Inovasi layanan adminduk jemput bola secara online dengan sarana mobil khusus yang dilengkapi alat pencetakan dokumen kependudukan. Mobil layanan ini merupakan pengembangan dari layanan mobil keliling offline terdahulu. Sumber: Disdukcapil Kab. Bantul. (adm.skr)

Komentar atas LOUNCHING GISA (GERAKAN SADAR ADMINDUK) KABUPATEN BANTUL

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Papan IKLAN

Produk Lokal Argosari

soundtrack

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License