SOSIALISASI PROGRAM INDONESIA SEHAT DENGAN PENDEKATAN KELUARGA

ARGOSARI 26 Februari 2018 11:38:02 WIB

info argosari, 26/02/2018. Program Indonesia Sehat (PIS) merupakan salah satu program dari agenda ke 5 Nawacita; yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia. PIS selanjutnya menjadi program utama pembangunan kesehatan yang kemudian direncanakan pencapaiannya melalui Rencana Strategis Kementerian Kesehatan tahun 2015 – 2019, yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.02.02/Menkes/52/2015.

 

Sasaran dari PIS adalah meningkatkan derajat kesehatan dan status gizi masyarakat melalui upaya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat. PIS dilaksanakan dengan menegakkan 3 pilar utama; yaitu (1) penerapan paradigma sehat, (2) penguatan pelayanan kesehatan dan (3) pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional- JKN. Demikian disampaikan oleh Kepala Puskesmas Sedayu 1 dr. Sistia Utami pada acara Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Argosari bersama Puskesmas Sedayu 1 pada hari Minggu malam, tanggal 25 Februari 2018 di Aula Balai Desa Argosari dengan narasumber/pemateri dr. Sistia Utami, dr. Annafsul, ibu Daryati. Acara tersebut selain dari jajaran Puskesmas Sedayu 1 juga dihadiri Bapak Lurah Desa Argosari beserta jajarannya, BPD, Babinkamtibmas, Dukuh, Ketua RT se-Desa Argosari dan beberapa tamu undangan. 

 

Lebih lanjut, Kepala Puskesmas Sedayu 1 memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Pemdes Argosari yang telah menyelenggarakan acara sosialisasi ini sebagai upaya peningkatan pengetahuan masyarakat dalam bidang kesehatan, khususnya tentang PHBS. Karena penerapan paradigma sehat dilakukan dengan strategi pengarusutamaan kesehatan dalam pembangunan, penguatan upaya promotif dan preventif serta pemberdayaan masyarakat.

 

Pada kesempatan tersebut, disampaikan juga tentang Germas; Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan Konsep pendekatan keluarga. Pendekatan keluarga adalah salah satu cara Puskesmas untuk meningkatkan jangkauan sasaran dan mendekatkan / meningkatkan akses pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya dengan mendatangi keluarga. Sehingga Puskesmas dapat mengintegrasikan upaya kesehatan perorangan dengan upaya kesehatan masyarakat dengan mengunjungi keluarga di wilayah kerjanya. Dengan mengunjungi keluarga di rumahnya, Puskesmas akan dapat mengenali masalah-masalah kesehatan dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang dihadapi keluarga secara lebih menyeluruh.

 

Sementara itu, derajat kesehatan keluarga sangat ditentukan oleh PHBS dari keluarga tersebut. Dengan demikian, inti dari pengembangan kelurahan adalah memberdayakan keluarga-keluarga agar mampu mempraktikkan PHBS. PHBS adalah sekumpulan perilaku yang dipraktikkan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran yang menjadikan seseorang, keluarga, kelompok / masyarakat mampu menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakat.

 

Dengan demikian, upaya mewujudkan keluarga sehat menjadi titik awal terwujudnya masyarakat sehat. Hal ini berarti pula bahwa keberhasilan upaya membina PHBS di keluarga merupakan kunci bagi keberhasilan upaya menciptakan kesehatan masyarakat. Oleh sebab itu, indikator keluarga sehat sebaiknya dapat sekaligus digunakan sebagai indikator PHBS.

 

Dalam rangka pelaksanaan PIS, telah disepakati adanya 12 indikator utama untuk penanda status kesehatan sebuah keluarga. Kedua belas indikator tersebut adalah sebagai berikut:

 

1. Keluarga mengikuti program KB.

2. Ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan.

3. Bayi mendapat imunisasi dasar lengkap.

4. Bayi mendapat ASI eksklusif.

5. Balita mendapatkan pemantauan pertumbuhan.

6. Penderita tuberculosis paru mendapat pengobatan sesuai standar.

7. Penderita hipertensi melakukan pengobatan secara teratur.

8. Penderita gangguan jiwa mendapat pengobatan dan tidak ditelantarkan.

9. Anggota keluarga tidak ada yang merokok.

10. Keluarga sudah menjadi anggota JKN.

11. Keluarga mempunyai akses sarana air bersih.

12. Keluarga mempunyai akses / menggunakan jamban sehat.

 

Dari beberapa materi yang disampaikan kepada peserta yang hadir dalam acara sosialisasi itu, ibu Daryati dari Puskesmas Sedayu 1 berpesan : "Mari kita bersama-sama sukseskan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga atau PIS-PK". (adm.skr - foto: daryati)

Komentar atas SOSIALISASI PROGRAM INDONESIA SEHAT DENGAN PENDEKATAN KELUARGA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Papan IKLAN

Produk Lokal Argosari

soundtrack

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License