BUPATI BANTUL MERESMIKAN PAMSIMAS "TIRTA UMBUL SARI" DESA ARGOSARI

ARGOSARI 17 Desember 2017 01:19:59 WIB

info argosari 16/12/2017. Bapak Bupati Bantul Drs. H. SUHARSONO meresmikan pembangunan Pamsimas III Desa Argosari Kecamatan Sedayu yang berada di Dusun Jurug dan Dusun Jaten. Peresmian Pamsimas "Tirta Umbul Sari" ini disaksikan oleh Bapak WIDODO A.Md Anggota Dewan Komisi B, Kepala Dinas PUPR Kab. Bantul, PPK Pamsimas II Kab. Bantul, Ketua Pam Maskarta Kab. Bantul, DC Pamsimas II Kab. Bantul, FM WSS Pamsimas Kab. Bantul, Bapak Camat beserta Jajaran Muspika Kec. Sedayu, Bapak Lurah dan Perangkat Desa Argosari. Secara simbolis Bapak Bupati Bantul menandatangani prasasti dan menguji fungsi SR (Sambungan Rumah) yang berada di lokasi acara peresmian.

 

PAMSIMAS (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) yang ada di Argosari ini diambil dari Sumber Air Tuk (mata air) Umbul di Dusun Jurug. Kegiatan dimulai atau dibangun sejak Agustus 2017 dengan system yang di operasikan dari Bangunan PMA (Penangkap Mata Air) di pompa naik melalui pipa transmisi 690m ke reservoir (Tower Air). Dari Reservoir di alirkan grafitasi ke pipa distribusi sepanjang 3898 m yang bisa untuk memenuhi sampai kebutuhan air bersih untuk 250 SR (Sambungan Rumah). Calon Pengguna saat ini sudah 104 Pelanggan Rumah Tangga.

 

Ketua BP-SPAMS "TIRTA UMBUL SARI" Bapak Agustinus Suhardi menjelaskan, Pembangunan Pamsimas ini menghabiskan total dana Rp. 350.000.000,-. Dengan rincian dana bantuan APBN sebesar Rp. 245.000.000,- kemudian APBDes Rp. 35.000.000,- dan dari kontribusi Masyarakat sebesar Rp.70.000.000,-.

 

Dengan dibangunnya sarana air minum melalui program Pamsimas III Tahun 2017 di Desa Argosari ini, masyarakat di Dusun Jaten dan Jurug mendapatkan kualitas Air yang Layak dan Baik untuk dikonsumsi dikarenakan hampir seluruh sumber air (sumur) yang dikonsumsi di wilayah dusun Jaten dan Jurug mengandung Kapur yang berbahaya bagi kesehatan. 

 

Masyarakat juga sudah merubah perilaku untuk tidak Buang Air Besar Sembarangan (BABS), serta sudah membiasakan diri untuk Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dan akhirnya akan terbina menjadi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Semoga kegiatan ini bisa berkelanjutan dan berkembang agar kebutuhan air bersih untuk masyatakat di Desa Argosari bisa terpenuhi. (adm.skr)

Komentar atas BUPATI BANTUL MERESMIKAN PAMSIMAS "TIRTA UMBUL SARI" DESA ARGOSARI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Papan IKLAN

Produk Lokal Argosari

soundtrack

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License