Belajar Membatik, Pemuda Argosari Cintai Warisan Indonesia

ARGOSARI 13 Desember 2017 14:52:26 WIB

Minggu, 10 Desember 2017 di Joglo Balai Desa Argosari Karang Taruna Tarunasari bersama Pemuda Pelopor Kabupaten Bantul mengadakan Pelatihan membatik untuk menggugah rasa cinta para pemuda Desa Argosari untuk nguri-uri  warisan leluhur Indonesia. Pelatihan yang dimulai pukul 10.00 pagi ini diikuti oleh pemuda pemudi Desa Argosari berusia 15 – 25 Tahun yang berasal dari perwakilan 13 Dusun yang ada di Argosari. Triyanto, Pemuda pelopor dari Dusun Jambon Argosari mengatakan “ Kegiatan ini bertujuan untuk melatih para pemuda agar bisa membuat batik sendiri yang merupakan warisan leluhur Indonesia, selain itu juga untuk melatih para pemuda yang memiliki bakat seni untuk bisa membuat karya mereka lewat batik yang mungkin saja di kemudian hari dapat menjadi usaha ataupun hasil karya yang luar biasa. Sehingga dapat memajukan Desa Argosari melalui karya-karya tersebut.”

 

Pada kegiatan tersebut pemuda-pemudi Karang Taruna Tarunasari argosari membatik sebuah taplak meja yang satu taplak meja dikerjakan 4 – 5 orang. Proses membaytik dimulai dengan menggambar pola pada kain dan kemudian dilanjutkan dengan proses nyanting, proses inilah yang membutuhkan waktu cukup lama dikarenakan butuh kesabaran dan ketelitian untuk membuat gambar menggunakan malam menjadi rapi dan tidak keluar dari pola yang sudah dibuat. Setelah itu adalah proses menggunakan bahan-bahan kimia yang sudah disediakan oleh pelatih. Peserta pelatihan membatik mengikuti proses tersebut dengan antusias dan semangat yang tinggi.

 

Kegiatan tersebut di laksanakan oleh Karang Taruna Tarunasari Argosari bekerjasama dengan Pemuda Pelopor Kabupaten Bantul dan juga didukung penuh oleh Kementrian Pemuda Dan Olahraga ( KEMENPORA ) Republik Indonesia. Harapan dari segenap panitia semoga kegiatan tersebut dapat menjadikan manfaat untuk sekarangn dan di kemudian hari, Maju Terus Pemuda Indonesia, Maju Terus Pemuda Argosari !!. (adm.afh)

Komentar atas Belajar Membatik, Pemuda Argosari Cintai Warisan Indonesia

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Papan IKLAN

Produk Lokal Argosari

soundtrack

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License