WASPADA CUACA EKSTREM

ARGOSARI 29 November 2017 01:00:34 WIB

Argosari info.  Hujan yang terus menerus mengguyur DI Yogyakarta dan sekitarnya dalam tiga hari terakhir ini telah membuat sejumlah sungai meluap.

 

Sejumlah laporan terjadinya bencana antara lain longsor, banjir, pohon tumbang dan lainya mulai bermunculan, Selasa (28/11/2017). 

 

info yang bersumber dari BMKG agar *Waspada Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi akibat terbentuknya dua bibit siklon tropis di sekitar wilayah Indonesia*

 

Saat ini di sekitar wilayah Indonesia telah terpantau dua bibit siklon yang berada dalam wilayah tanggung jawab TCWC (Tropical Cyclone Warning Centre) Jakarta. Bibit Siklon 95S di selatan Jawa Tengah pada 26 November 2017 dengan pusat sekitar 9,6LS, 109,4BT (sekitar 240 km sebelah selatan barat daya Cilacap) bergerak kearah Utara Barat Laut kemudian akan berbelok ke timur keesokan harinya. Kecepatan angin maksimum sekitar  25 knot (45 km/jam) dengan tekanan terendah 1003 mb. Dalam waktu yang bersamaan, terdapat juga bibit siklon tropis 96S di Samudera Hindia sebelah Barat Daya Bengkulu di 6,8LS, 94,2BT yang bergerak ke arah timur tenggara. Bibit siklon yang berada di selatan Jawa lebih memiliki potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis. Bibit ini memberikan pengaruh terhadap cuaca di wilayah Indonesia khususnya Jawa. 

 

Diperkirakan untuk esok hari dan lusa terdapat peningkatan potensi *hujan lebat dan angin kencang* lebih dari 20 knots di wilayah Yogyakarta, Jawa Tengah bagian Selatan dan Jawa Timur bagian Selatan.  Dampak lainnya adalah  potensi  Gelombang tinggi 1,25 hingga 2,5 meter  diperkirakan terjadi di Perairan Selatan Banten dan Jawa Barat, Perairan Selatan Jawa Timur, Perairan Selatan Bali, Perairan Selatan Lombok, Perairan Selatan Sumbawa. Gelombang tinggi 2,5 hingga 4 meter Samudera Hindia Selatan Jawa Tengah dan Jawa Timur. 

 

Masyarakat dihimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan,  pohon tumbang dan jalan licin. 

 

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG senantiasa membuka layanan *informasi cuaca 24 jam*, yaitu melalui:

 

call center 021-6546318;

http://www.bmkg.go.id;

follow twitter @infobmkg;

aplikasi iOS dan android "Info BMKG";

atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. (adm.skr)

 

*Deputi Bidang Meteorologi BMKG* 

*Drs. R. Mulyono Rahadi Prabowo, M.Sc*

 

Komentar atas WASPADA CUACA EKSTREM

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Papan IKLAN

Produk Lokal Argosari

soundtrack

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License