SENTRA PRODUKSI SANGKAR BURUNG DI ARGOSARI

ARGOSARI 02 November 2017 14:53:35 WIB

Hobi memelihara burung hias dan burung kicau biasanya banyak diminati para pria. Keindahan suara dan bulu burung menjadikan hewan ini disukai bahkan tidak jarang suara burung tu diperlombakan. Ini mendatangkan rezeki tidak hanya untuk peternak burung dan penyedia pakan, tapi juga perajin sangkar burung. Sebab, sangkar burung menjadi benda wajib untuk dimiliki pehobi burung. Semakin banyak koleksi burung yang dimiliki, semakin banyak pula sangkar yang harus disiapkan.


Di Kecamatan Sedayu tepatnya di Desa Argosari terdapat beberapa Dusun terkenal menjadi sentra pembuatan sangkar burung, yaitu Dusun Tapen, Dusun Botokan, Dusun Gunung Mojo dan Dusun Jaten. Produksinya dari yang masih mentah sampai yang sudah jadi siap pakai. Sebagai bagian dari Kota Bantul, Desa Argosari menyumbangkan kreativitas penduduk mereka dengan membuat kerajinan sangkar burung. Dan mayoritas peduduk dari Dusun tersebut memiliki profesi sebagai pembuat sangkar burung, meski ada juga sebagian yang menjadi petani dan membuat sangkar burung sudah turun temurun dari orang tuanya bahkan dari nenek moyangnya. Produk sangkar burung dari Argosari mempunyai ciri khas yang berbeda dengan perajin sangkar burung di tempat lainnya. Ragam jenis sangkar burung di Argosari pun bermacam-macam serta ditunjang oleh kualitas yang sangat bagus.


Pengrajin sangkar burung memilih bahan baku untuk membuat sangkar burung dengan memanfaatkan sumber daya alam di sekitar lingkungan. Mereka menggunakan bahan baku bambu sebagai bahan baku utama sangkar burung karena, tingkat elastisitas bambu yang sangat bagus sehingga dapat bertahan cukup lama. Hal ini merupakan sebuah kearifan lokal yang dimiliki oleh para pengrajin sangkar burung di sini dalam menggali potensi alam yang mereka miliki.  Bambu yang mereka gunakan pun merupakan bambu pilihan sehingga kualitas dari sangkar burung tidak perlu dikhawatirkan lagi. Kualitas sangkar burung sangat menjadi perhatian utama untuk meyakinkan para konsumen karena kepercayaan dari konsumen merupakan hal penting dalam keberlanjutan kerajinan sangkar burung. Kegiatan tersebut dilakukan secara resiprokal sehingga menumbuhkan modal sosial bagi para pembeli dengan penjual.


Mereka membuat kerajinan sangkar burung dengan skala industri rumahan sehingga setiap rumah di Dusun Tapen, Botokan, Gunung Mojo dan Jaten dapat kita jumpai beragam jenis sangkar burung. Para pengrajin sangkar burung mempunyai ciri khas masing-masing dalam jenis karakteristik sangkar burung yang mereka buat di tiap-tiap rumah. Dan harganya juga bermacam-macam, tergantung dari jenis bentuknya dan tingkat kesulitan dalam membuatnya. Sehingga Argosari dapat dikatakan sebagai “showroom” sangkar burung di daerah Kabupaten Bantul. Paguyuban pengrajijn sangkar burung se-Desa Argosari telah terbentuk namun masih perlu penyempurnaan kembali. Dengan begitu para pecinta hewan peliharaan burung perlu berkunjung ke Desa Argosari untuk memberikan ke-nyamanan bagi hewan peliharaan mereka.


“JAJAN TONGGO NGLARISI KONCO”. Bagi para penggemar burung , kami akan mencoba untuk mengekpose atau menggali lebih dalam lagi informasi tentang Sangkar Burung yang di Produksi dari Warga yang ada di Desa Argosari.  ( adm.skr )

Komentar atas SENTRA PRODUKSI SANGKAR BURUNG DI ARGOSARI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Papan IKLAN

Produk Lokal Argosari

soundtrack

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License