KECAMATAN SEDAYU MENGIKUTI FESTIVAL KETOPRAK ANTAR KECAMATAN SE-KABUPATEN BANTUL TAHUN 2017

ARGOSARI 09 Oktober 2017 12:58:33 WIB

Berita Argosari.*)   Seniman-seniman dari Desa Argosari yang bergabung dengan para pelaku seni Ketoprak di Kecamatan Sedayu, kemarin malam yaitu pada hari Minggu 08 Oktober 2017 mengikuti Festival Ketoprak antar kecamatan se-Kabupaten Bantul Tahun 2017 yang bertempat di Pendopo Balai Desa Bangunjiwo, Kasihan.  Dalam waktu yang sama juga tampil Peserta Festival Ketoprak dari Kecamatan Kasihan.

Festival Ketoprak antar Kecamatan Tahun 2017 kali ini dibuka secara resmi oleh Bupati Bantul yang diwakili Kepala Dinas Kebudayaan Sunarto, SH, MM pada hari Rabu 04 Oktober 2017 bertempat di Balai Desa Bangunharjo Sewon. Ajang unjuk kebolehan seni budaya teater tradisional dari 17 kecamatan ini digelar di 5 tempat terpisah yaitu Bali Desa Bangunharjo, Bali Desa Wonokromo, Bali Desa Seloharjo, Pendopo Kecamatan Pandak dan Bali Desa Bangunharjo berturut-turut sampai hari Minggu 08 Oktober 2017 tadi malam.

Dalam penampilannya tadi malam, Kontingen Ketoprak dari Kecamatan Sedayu membawakan Lakon atau Cerita “SIRNANING DURANGKORO”. Untuk memberikan semangat atau memotivasi penampilan peserta dari Kecamatan Sedayu ini, Bapak Camat Sedayu Drs. Fauzan Mu’arifin beserta Staf dan Jajarannya hadir di Pendopo Balai Desa Bangunjiwo. “Apapun hasilnya nanti dalam Festival Ketoprak ini tidak akan menjadikan masalah”, komentar salah satu Pemeran dari Sedayu ini. Yang jelas mereka sudah berusaha semaksimal mungkin supaya mendapatkan hasil yang terbaik untuk Kecamatan Sedayu.

Acara Festival Ketoprak ini bertujuan untuk memberi wadah seniman-seniwati ketoprak serta untuk mendekatkan kesenian ketoprak pada masyarakat. Diharapkan rasa cinta pada kesenian ini semakin tumbuh di masyarakat dan muncul bibit-bibit muda di dunia perketoprakan di Kabupaten Bantul.

Kepala Dinas Kebudayaan Bantul Sunarto, SH, MM mengatakan bahwa ketoprak merupakan salah satu kesenian adiluhung peninggalan nenek moyang kita. Sudah semestinya menjadi tugas kita untuk melestarikan dan menjaga keberadaannya. Salah satu cara untuk nguri-nguri kesenian ketoprak,  adalah dengan mengadakan Festival Ketoprak antar Kecamatan se Kabupaten Bantul. (adm.skr)

 

Komentar atas KECAMATAN SEDAYU MENGIKUTI FESTIVAL KETOPRAK ANTAR KECAMATAN SE-KABUPATEN BANTUL TAHUN 2017

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Papan IKLAN

Produk Lokal Argosari

soundtrack

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License