" TIMBUL " Pemuda Berprestasi Asal Argosari Ingin Jadi Inspirasi Bagi Pemuda di Daerah Lain

ARGOSARI 24 Agustus 2017 21:28:32 WIB

Argosari.- Prestasi membanggakan ditorehkan oleh pemuda bernama Triyanto (25).

 

Pemuda yang akrab disapa Timbul itu baru saja mengikuti Lomba Pemuda Pelopor Tahun 2017 tingkat Provinsi.

 

Saat di tanya, Timbul membagi pengalaman mengikuti lomba dengan juri dari Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) DIY.

 

"Lomba ini dari Kemenpora, saya mewakili Bantul sebagai Pemuda Pelopor Bidang Pendidikan," ujarnya, Rabu (23/8/2017) petang.

 

Terpilih Timbul mewakili Bantul bukan tanpa alasan, pemuda yang beralamat Padukuhan Jambon RT 29, Desa Argosari, Kecamatan Sedayu tersebut merupakan pelopor berdirinya Teras Baca Guyub Rukun di kampungnya tersebut.

 

"Saya undang masyarakat, dari pemerintah desa hingga kecamatan dan semua anak yang terlibat di taman baca," ujarnya.

 

"Dari Bantul saya bersama empat pemuda yang lain. Mereka terbagi dalam berbagai bidang seperti pangan, pendidikan, sumber daya alam, pariwisata, budaya," ujarnya.

 

Dihadapan juri, Timbul mengaku ia menjelaskan tentang seluk beluk Teras Baca Guyub Rukun. Baik dari lika-liku hingga ia bisa mengembangkan taman baca tersebut.

 

"Saya unggulkan pendaanaan dan proses belajarnya. Pendanaannya ada beberapa seperti donasi barang bekas dari warga, kita buat pupuk organik, infaq dari orang tua anak yang belajar, dan penjualan marchendise, dan koin taman baca," bebernya.

 

"Kegiatan belajar masih sore, seminggu tiga kali. Proses pembelajaran anak PAUD dan TK kita juga melakukan belajar sambil bermain melalui pendekatan alam, lingkungan, flora dan fauna," kisahnya.

 

Dengan adanya Teras Baca Guyub Rukun, selain mengajak anak-anak dikampungnya gemar membaca dan menulis sejak dini, Timbul juga menekankan kemampuan minat dan bakat anak-anak. Salah sartunya dengan memberikan kegiatan ekstra yaitu seni tari.

 

"Selain membaca anak-anak juga dapat mengembangkan bakat. Salah satunya yang terbaru adalah tari. Kemarin juga kita tampilkan," sambungnya.

 

Timbul berharap, dengan menjadi wakil Bantul sebagai Pemuda Pelopor Bidang Pendidikan, pemuda di daerah lain dapat terinspirasi untuk mengembangkan kemampuan di bidang masing-masing untuk memajukan daerahnya.

 

Selain itu, lomba kali ini menjadi momentum untuk memberikan semangat kepada pengurus Teras Baca Guyub Rukun untuk lebih kreatif dan berkembang. Selain itu, ia berharap anak-anak yang belajar di Teras Baca Guyub Rukun dapat terus gemar untuk membaca dan mengembangkan diri. sumber http://jogja.tribunnews.com/2017/08/24/pemuda-berprestasi-asal-bantul-ingin-jadi-inspirasi-bagi-pemuda-di-daerah-lain. (adm.skr)

 

Komentar atas " TIMBUL " Pemuda Berprestasi Asal Argosari Ingin Jadi Inspirasi Bagi Pemuda di Daerah Lain

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Papan IKLAN

Produk Lokal Argosari

soundtrack

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License